2.Analisa mengenai perilaku konsumen
pada suatu produk dan bagaimana konsumen mendapatkan kepuasan maksimal pada
produk tersebut
A. Prilaku Konsumen
Menurut Engel, Blackwell dan Miniard
(1990), Perilaku konsumen merupakan tindakan–tindakan yang terlibat secara
langsung dalam memperoleh, mengkonsumsi, dan membuang suatu produk atau jasa,
termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan – tindakan
tersebut.
Ada beberapa faktor yang
mempengaruhi perilaku konsumen .
Faktor-faktor tersebut dibedakan menjadi 2 bagian yaitu :
1. faktor-faktor yang berasal dari
dalam diri pribadi seorang konsumen
faktor ini biasanya timbul dalam
diri konsumen berupa kebutuhan akan produk tersebut, sehingga dari
kebutuhan tersebut, konsumen akan berusaha untuk membelinya. Dalam faktor ini ,
tentunya setiap perilaku konsumen memiliki karakternya masing - masing .
Biasanya semakin tinggi tingakatan ekonomi seorang konsumen tentunya semakin
besar pula kebutuhan akan produk - produk yang ingin ia miliki, gunakan , dan
koleksi . Begitupun sebaliknya , untuk konsumen yang tingkat ekonominya
menengah ke bawah , kebutuhan akan sebuah produk / barang yang primer dan
sekunder yang di dahulukan dan biasanya untuk konsumen jenis ini akan lebih
mendahulukan kebutuhan sehari - hari misal kebutuhan makanan. Jadi ,
dapat di simpulkan bahwa faktor - faktor yang berasal dari dalam diri konsumen
yaitu berdasarkan 2 unsur, berupa kebutuhan dan keadaan ekonominya.
2. faktor-faktor yang berasal dari
lingkungan sekitar seorang konsumen.
Faktor ini berupa pengaruh
keluarga, kelas sosial, kebudayaan, marketing
strategy dan kelompok referensi. Kelompok referensi adalah kelompok yang
memiliki pengaruh langsung maupun tidak langsung pada perilaku dan sikap
konsumen. Terkadang konsumen itu memiliki gengsi terhadap teman -temannya kalau
tidak membeli produk yang mana teman2nya sudah memiliki , itu adalah salah satu
contoh faktor ini.Selain itu , kebudayaan yang merupakan unsur dari kebiasaan
dari konsumen itu membutuhkan sesauatu barang / produk yang harsu dibeli .
B. Kepuasan Maksimal Konsumen
Kepuasan konsumen adalah suatu keadaan dimana keinginan,
harapan, dan kebutuhan konsumen dipenuhi suatu pelayanan dinilai memuaskan bila
pelayanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen. Pengukuran
kepuasan konsumen merupakan elemen penting dalam menyediakan pelayanan yang
lebih baik, lebih efisien dan lebih efektif. Apabila konsumen merasa tidak puas
terhadap suatu pelayanan yang disediakan, maka pelayanan tersebut dapat dipastikan
tidak efektif dan tidak efisien. Hal ini terutama sangat penting bagi pelayanan
publik.
Tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan merupakan
faktor yang penting dalam mengembangkan suatu system penyediaan pelayanan yang
tanggap terhadap kebutuhan konsumen, meminimalkan biaya dan waktu serta
memaksimalkan dampak pelayanan.
Jadi dapat di simpulkan bahwa tingkat kepuasan
konsumen berdasarkan yaitu
1. Kualitas barang / layanan yang baik
2. Harga yang terjangkau.
Yudistira
2KA31
17111629
Tidak ada komentar:
Posting Komentar